Rumus Menghitung Volume Bola Beserta Pembuktian

Rumus Volume Bola merupakan salah satu rumus yang telah diajarkan sejak SMP. Terkadang rumus yang satu ini jarang didengar dan diketahui oleh kebanyakan orang dan banyak yang lupa akan rumusnya mengingat rumus ini masih lumayan jarang diperbincangkan pada pelajaran disekolah.

Ciri khas dari sebuah bola ialah pada permukaan sebuah bola yang bentuknya membulat sehingga bisa dengan mudah bergerak ke segala arah. Jika anda lihat pada sebuah pertandingan sepak bola atau pertandingan bola basket anda pasti melihat bola yang di mainkan. Bagaimana arah bola tersebut? Pasti bola tersebut dengan mudahnya bergulir ketika ditendang atau di oper dari satu orang ke orang yang lain.

Rumus Volume Bola

V = 4/3 π. r2
Lalu mungkin ada yang bingung dan bertanya-tanya mengenai angka 3/4 pada rumus dari volume bola. Dari mana datangnya 3/4 pada rumus volume bola? Nah angka 3/4 pada rumus volume bola di dapat dari beberapa pembuktian. Pembuktian yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan prinsip cavalieri atau menggunakan integral. Tapi pada pembahasan kali ini saya akan membahas menggunakan rumus integralnya saja.

V = ∫ Luas Permukaan Bola
V = ∫ 4. π. r2 dr
V = 4. π. ∫ r2 dr
V = 4. π. ( 1/3 r3 )
V = 4/3 π. r3

Dari penjelasan diatas bahwa rumus dari volume bola dan intergal dari luas permukaan bola adalah sama. Pada penjelasan di bawah ini juga menjelaskan mengenai hubungan antara volume kerucut sama dengan volume 1/2 bola.

rumus volume bola

Nah dari gambar di atas juga sudah sangat jelas bahwa hasil dari pembuktian tersebut menyatakan bahwa volume bola merupakan dua kali dari volume kerucut. Karena volume kerucut = 1/2 dari volume bola maka tinggi dari kerucut = dua kali dari jari-jari (r) bola.

pembuktian rumus volume bola
Nah gambar diatas merupakan gambar pelengkap untuk penjelasan saya mengenai tinggi kerucut yang merupakan dua kali dari jari-jari bangun bola.

Nah sekian penjelasan kali ini mengenai rumus volume bola dan pembuktian rumusnya. Semoga dapat dipahami dengan baik ya.

Related Posts:

0 Response to "Rumus Menghitung Volume Bola Beserta Pembuktian"

Post a Comment