Macam-Macam Alat Ukur dalam Fisika dan Matematika Serta Kegunaannya

Macam-macam alat ukur bisa di gunakan tergantung fungsinya. Misal anda menggunakan alat ukur untuk menentukan panjang sebuah benda, kedalaman sebuah air, ketinggian suatu bangunan, lebar suatu lapangan, dan masih banyak lagi alat ukur yang ada dan termasuk dalam alat ukur matematika maupun fisika.

Beberapa alat ukur sudah sering kita jumpai seperti penggaris, meteran, jangka sorong, dan mikrometer sekrup bahkan beberapa alat ukur diatas pasti ada yang sudah anda miliki seperti penggaris dan meteran. Jangka sorong dan mikrometer sekrup juga sudah sering anda jumpai dalam pembelajaran fisika di sekolah.

Materi alat ukur yang akan saya sampaikan terdiri dari alat ukur massa, alat ukur panjang, alat ukur waktu, dan alat ukur listrik. Semua alat ukur yang saya bahas merupakan alat ukur yang biasa dijumpai dan digunakan dalam pembelajaran matematika dan fisika.

Ok marilah kita awali pembahasan kali ini dari alat ukur massa.

Alat Ukur Massa

alat ukur massa
Timbangan Tradisional Ini merupakan timbangan yang paling sering digunakan dalam berdagang terutama di pasar
Timbangan Gantung Ini juga sering ditemui di pasar. Bedanya dengan timbangan tradisional ialah timbangannya yang sudah modern dan tentu saja di gantung.
Timbangan badan Nah inilah timbangan yang berfungsi untuk mengukur berat suatu orang. Mungkin anda juga sudah memilikinya di rumah?
Neraca Mungkin alat ukur massa yang satu ini yang paling jarang ditemui oleh kita. Neraca hampir sama dengan timbangan tradisional. Bedanya adalah neraca lebih teliti. Neraca ada dua yaitu neraca dua lengan dan neraca tiga lengan.
Timbangan Modern Timbangan ini sudah sering anda lihat di toko-toko. Pada timbangan ini terdapat angka-angka didepannya yang menunjukkan berat benda yang ditimbang.
Lanjut ke alat ukur waktu.

Alat Ukur Waktu

alat ukur waktu
Jam Pasir Inilah jam kuno yang merupakan awal dari penemuan jam modern di dunia. Jam ini menggunakan media pasir yang akan mengalir turun ke tempat yang ada di bawahnya secara perlahan.
Jam Modern Jam modern merupakan jam yang sering anda jumpai bahkan pasti anda miliki. Jam ini dapat berupa jam tangan, jam dinding, atau jam duduk (yang biasa anda temui di meja).
Stopwatch Ini merupakan alat ukur waktu yang berfungsi untuk mengukur waktu secara teliti. Biasanya stopwatch digunakan dalam acara olahraga atau di sebuah pertandingan.

Alat Ukur Panjang

alat ukur panjang
Meteran Pernahkah anda melihat seorang tukang yang sedang membagun sebuah rumah? Nah alat ukur yang biasa mereka gunakan untuk mengukur panjang ialah sebuah meteran.
Penggaris Nah alat ukur panjang yang satu ini wajib dimiliki setiap pelajar terutama dalam pembelajaran matematika dan fisika. Tidak usah dijelaskan lagi kan?
Mikrometer sekrup Dengan ketelitian hingga 0,01 mm mikrometer sekrup biasa digunakan untuk mengukur tebal suatu benda terutama benda yang tipis sekali.
Jangka Sorong Nah alat ukur panjang yang satu ini memiliki dua fungsi yang berbeda. Pertama bisa mengukur tebal suatu benda dengan ketelitian 0,1 mm dan bisa mengukur kedalaman suatu air yang rendah.

Alat Ukur Listrik

alat ukur listrik
Amperemeter Biasa digunakan untuk mengukur kuat arus listrik dalam satuan ampere.
Voltmeter Digunakan untuk mengukur tegangan daripada listrik
Ohmmeter Biasa digunakan untuk mengukur kuatu suatu hambatan listrik yang bekerja pada benda.
Electrometer Nah ini yang paling jarang ditemui. Fungsi dari electrometer ialah untuk mencari tau muatan listirik pada suatu benda.
Nah mungkin itu saja beberapa alat ukur dalam fisika dan matematika. Sebenarnya masih banyak lagi alat ukur yang ada di dunia tetapi disini kita hanya membatasinya dalam lingkup fisika dan matematika saja. Selebihnya alat ukur yang lain akan kita bahas di lain waktu. Semoga dapat dipahami ya sobat!

Related Posts:

0 Response to "Macam-Macam Alat Ukur dalam Fisika dan Matematika Serta Kegunaannya"

Post a Comment