Pembahasan Rumus Usaha Fisika

Rumus usaha fisika memang masuk dalam pembahasan pelajaran fisika terutama dalam pembelajaran fisika sma. Ingatlah ada pepatah mengatakan bahwa jika ingin sukses maka kau harus berusaha. Ada juga pepatah lain jika ingin mendapatkan sesuatu maka kau harus berusaha. Taukah anda apa kesimpulan dari dua pepatah tersebut?

Ya, kedua pepatah tersebut memiliki kesimpulan mengenai sesuatu yang akan kita dapatkan atau yang akan kita capai jika kita berusaha. Nah penjelasan mudahnya mengenai usaha adalah kegiatan yang kita lakukan untuk mencapai atau mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Nah dalam fisika sendiri usaha merupakan gaya atau sesuatu yang dilakukan terhadap suatu benda agar benda tersebut berpindah dari posisi semulanya.

rumus usaha fisika

Contoh yang paling mudah ialah saat memindahkan suatu barang. Pernahkah anda memindahkan suatu barang seperti mendorong ataupun menggeser benda tersebut sehingga posisinya berpindah? Jika anda menanyakan jarak maka anda bisa mengukurnya dengan penggaris ataupun mistar dan benda sejeninsnya yang bisa mengukur jarak. Lalu pernahkah anda bertanya berapakah usaha yang sudah anda lakukan atau anda kerahkan saat mendorong atau menggeser benda tersebut?

Rumus Usaha

Usaha dapat didapatkan dari perkalian antara Gaya dan Perpindahan benda. Jadi jika dituliskan rumusnya, maka rumus usaha adalah sebagai berikut :

W = F.s

Dengan penjelasan seperti dibawah ini :
  • W = Usaha (Joule)
  • F = Gaya (Newton)
  • s = Perpindahan (Meter)

Rumus Usaha dengan Sudut

Rumus di atas berlaku jika usaha searah dengan arah perpindahan benda. Bagaimana jika tidak searah? Pernahkah anda melihat seorang anak-anak yang menarik sebuah mainan mobil-mobilan dengan menggunakan tali? Tentu anak tersebut akan menarik mainan yang lebih rendah dari badannya. Di saat anak tersebut menariknya pasti ada usaha yang di berikan oleh anak tersebut. Coba anda perhatikan arah usaha dan perpindahan yang dialami benda. Anak tersebut menarik agak ke atas sedangkan mainannya berjalan ke depan. Lalu bagaimanakah rumusnya?

Nah jika terjadi hal demikian maka tentunya rumusnya akan berubah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan adanya sudut yang terbentuk antara arah gaya dengan arah perpindahan benda. Maka rumus akan berubah seperti berikut.

W = ( F cos α ) s
W = Fs cos α

Dengan penjelasan sebagai berikut :
  • W = Usaha (Joule)
  • F = Gaya (Newton)
  • α = Sudut diantara gaya dengan perpindahan
  • s = Perpindahan (Meter)
Nah kira-kira seperti itulah rumus mencari usaha dalam pembelajaran fisika. Selamat belajar teman semua.

Related Posts:

0 Response to "Pembahasan Rumus Usaha Fisika"

Post a Comment