Rumus Jajar Genjang (Menghitung Luas dan Keliling)

Rumus jajar genjang merupakan salah satu rumus yang diajarkan dari ketika anda masih duduk di bangku sekolah dasar. Ciri yang paling terlihat dan paling mendasar pada bangun datar yang satu ini ialah memiliki sepasang sisi miring yang saling berhadapan dan sama panjangnya.

Jika dilihat sekilas bentuk dari jajar genjang mirip dengan trapesium. Kadang ada saja orang yang terkecoh karena tidak melihatnya secara teliti padahal jajar genjang sangat jauh berbeda bentuknya jika dilihat secara teliti.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas rumus luas dan keliling dari jajar genjang. Bukan hanya itu kita juga akan membahas mengapa jajar genjang dapat dikatakan sama dengan persegi / persegi panjang. Nah mari kita mulai pembahasannya dari rumus luas jajar genjang.

Rumus Jajar Genjang

Luas

Rumus untuk mencari luas dari jajar genjang adalah sebagai berikut :

Luas = Alas x Tinggi

Keliling

Setelah membahas rumus luasnya, sekarang kita akan lanjut untuk membahas rumus kelilingnya. Rumus keliling dari jajar genjang adalah sebagai berikut :

Keliling = 2 x Alas + 2 x Sisi Miring

Taukah anda bahwa rumus diatas dapat dipersingkat lagi? Rumus kelilingnya bisa dipersingkat menjadi :

Keliling = 2 (Alas + Sisi Miring)

Sebenarnya jajar genjang sendiri sama seperti persegi karena jika kita potong salah satu sisi miringnya dan kita pindahkan ke sisi yang lain maka akan membentuk sebuah persegi. Agar semakin mudah untuk memahaminya anda dapat melihat gambar dibawah ini :
jajar genjang
Dapat kila lihat diatas sebuah jajar genjang kita ambil garis tinggi lalu kita potong sisi sebelah kirinya mengikuti garis tinggi. Setelah kita potong kita satukan di sisi sebelah kanan. Hasilnya sangat pas dan menyatu menjadi sebuah persegi. Nah jika kalian ingin mencobanya silahkan lakukan sendiri ya.

Nah sekian pembahasan kali ini mengenai materi matematika rumus keliling dan luas jajar genjang. Silahkan anda coba rumus diatas untuk menjawab soal-soal jajar genjang anda. Selamat belajar!

Related Posts:

0 Response to "Rumus Jajar Genjang (Menghitung Luas dan Keliling)"

Post a Comment