Macam-macam Bangun Ruang dan Rumusnya

Bangun ruang merupakan penamaan atau sebutan untuk bangun-bangun tiga dimensi atau bangun yang mempunyai ruang yang dibatasi oleh sisi-sisinya. Contoh bangun ruang antara lain kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, limas dan bola.

Berikut ini macam-macam bangun ruang :

1. Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang mempunyai panjang rusuk yang sama atau bangun yang di batasi oleh enam buah sisi yang sama dan sebangun, serta merupakan bangun ruang tiga dimensi. Lebih lengkapnya silahkan baca di Rumus Bangun Ruang Kubus.

Rumus Bangun Ruang Kubus
2. Balok

Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang terbentuk oleh enam buah persegi panjang yang saling tegak lurus. Contoh bangun ruang balok sering kita dapati dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu lemari es dan lemari pakaian. Lebih lengkapnya silahkan baca di Rumus Bangun Ruang Balok.

Rumus bangun ruang balok

3. Prisma segitiga

Prisma merupakan bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai alas dan atap yang berbentuk segitiga dengan ukuran yang sama. Selengkapnya baca di Rumus Prisma.

Rumus Prisma Segitiga ( Luas dan Volume )


4. Limas

Limas merupakan sebuah bangun ruang yang mempunyai alas segi n dan sisi tegaknya juga berupa segitiga Lebih jelasnya silahkan baca di Rumus Limas Segitiga dan Limas Segiempat.



Rumus Volume Limas Segitiga

5. Tabung

Tabung merupakan bangun ruang yang dibatasi sisi lengkung dan dua buah lingkaran atau Tabung merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki tutup dan alas yang berbentuk lingkaran dengan ukuran yang sama dab bagian selimutnya berbentuk persegi panjang. Untuk selengkapnya baca Volume Tabung.

Rumus Volume Tabung dan Luas Permukaan Tabung

6. Kerucut

Kerucut merupakan sebuah bangun ruang yang mempunyai alas berbentuk lingkaran dan dengan selimut yang berbentuk irisan dari lingkaran. Untuk lebih lengkapnya baca di Rumus Kerucut.

Rumus Volume Kerucut dan Luas Permukaan Kerucut


7. Bola

Bola merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi di mana permukaannya memiliki jarak yang sama terhadap titik pusatnya. Bola merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh sisi lengkung. untuk lebih lengkapnya silahkan baca di Rumus Bola.

Rumus Volume Bola dan Luas Permukaan Bola
Demikian pembahasan tentang bangun ruang dan rumus bangun ruang semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua.()

Related Posts:

0 Response to "Macam-macam Bangun Ruang dan Rumusnya"

Post a Comment