Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas 4

Penjumlahan dan pengurangan Pecahan - Materi Penjumlahan dan pengurangan pecahan dipelajari dalam mata pelajaran matematika untuk kelas 4. Di dalam materi tersebut, kalian akan mempelajari bagaimana cara menjumlahkan atau mengurangkan bilangan pecahan. Untuk menambah pemahaman kalian di sini rumus matematika dasar juga akan memberikan penjelasan mengenai operasi hitung untuk bilangan pecahan. Khusus di dalam artikel ini yang akan dibahas adalah tentang penjumlahan serta pengurangan bilangan pecahan. Di mulai dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dengan penyebut sama, setelah itu kalian juga akan diajarkan tentang bagaimana cara menjumlahkan atau mengurangkan bilangan-bilangan pecahan yang memiliki penyebut berbeda. 

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas 4


Pada tiap-tiap pembahasan juga akan diberikan contoh-contoh soal serta pembahasan mengenai bagaimana cara menjawab soal tersebut. Di sini juga kalian bisa menemukan tips-tips yang bisa kalian gunakan untuk menjawab soal-soal mengenai operasi hitung bilangan pecahan dalam matematika. Penasaran dengan materinya? Simak saja langsung di bawah ini:


Rumus Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan


Penjumlahan Bilangan Pecahan


Penjumlahan bilangan pecahan biasa
Untuk menjumlahkan bilangan pecahan yang memiliki penyebut sama sangatlah mudah. Kalian cukup menjumlahkan angka yang ada di bagian atas atau biasa dinamakan sebagai "pembilang". Pahami contoh penjumlahan pecahan berikut ini:

1/2 + 3/2 = 4/2

Sedangkan untuk menjumlahkan pecahan yang kedua penyebutnya berbeda maka kalian harus mengubah atau menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan bilangan pecahan tidak bisa dijumlahkan secara langsung apabila penyebutnya berbeda nilai. Simak contoh berikut:

1/5 + 2/3 = 3/15 + 10/15 = 13/15

Tips:
Pertama ubahlah terlebih dahulu pecahan tersebut agar penyebutnya menjadi sama yaitu dengan menggunakan KPK dari kedua penyebut itu. Seperti pada operasi hitung di atas KPK dari 3 dan 5 adalah 15
Apabila penyebut dikalikan dengan suatu bilangan maka pembilangnya pun harus dikalikan juga.


Penjumlahan pada bilangan pecahan campuran
Pecahan campuran merupakan perpaduan antara bilangan asli dan bilangan campuran. Operasi hitung pada bilangan pecahan campuran bisa dilakukan seperti ini:



Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas 4


Tips:
Ubahlah dahulu bilangan pecahan campuran menjadi pecahan biasa
Lalu ubah penyebutnya agar sama dengan menggunakan kpk dari kedua penyebut
Jumlahkan kedua pecahan
Hasilnya kemudian disederhanakan kembali menjadi pecahan campuran



Pengurangan bilangan pecahan


Pengurangan bilangan pecahan biasa
Konsep pengurangan pada bilangan pecahan biasa sama saja seperti pada penjumlahan. Bila penyebutnya sama tinggal kita kurangkan saja angka yang ada di atas. Contohnya:

9/6 - 2/6 = 7/6

Untuk bilangan pecahan yang penyebutnya berbeda pun sama, kita harus menyamakan penyebutnya dengan mencari kpk dari kedua bilangan penyebut itu. Contohnya:

4/2 - 2/6 = 24/12 - 4/12 = 20/12

Pengurangan bilangan pecahan campuran
Caranya sama saja seperti pada penjumlahan pecahan campuran. Kita harus mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Lalu disamakan penyebutnya. Setelah dikurangkan, hasilnya disederhanakan. Seperti pada contoh berikut ini:

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas 4

kurang lebih seperti itulah konsep Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas 4 . Saya harap kalian dapat memahami materi yang telah disamaikan di atas dengan baik sheingga nantinya mampu mengerjakan soal-soal tentang bilangan pecahan dengan mudah.


Related Posts:

0 Response to "Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas 4"

Post a Comment